WOW MANTUL 2022 DI KALURAHAN SITIMULYO

Administrator 04 April 2022 18:40:12 WIB

Nyamuk Demam Berdarah Dengue dikenal juga dengan sebutan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk Aedes aegypti inilah yang menyebabkan penyebaran virus dengue melalui gigitannya ke dalam kulit. Selain virus dengue, nyamuk Aedes aegypti juga membawa virus zika, demam kuning, dan chikungunya. Gigitan Aedes aegypti mengalirkan virus ke pembuluh darah dan kemudian menginfeksi sel sehat tubuh. Dan uniknya, hanya nyamuk betina yang menyebarkan virus dengue tersebut, sedangkan nyamuk jantan tidak.

Aedes aegypti mempunyai siklus hidup, mulai dari telur lalu berubah menjadi larva, pupa, hingga menjadi nyamuk dewasa. Perjalanan mulai dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa ini dalam waktu satu setengah minggu hingga sampai 2 minggu dan 1 bulan, tergantung dari kondisi lingkungan tempat dia hidup. Nyamuk betina Aedes aegypti berkembang biak menghasilkan rata-rata 100 hingga 200 telur. Jumlah telur yang dihasilkan oleh nyamuk betina bisa berubah-ubah tergantung banyak darah yang diisap.

Salah satu cara mengurangi nyamuk aedes aegypti ini adalah dengan ternak nyamuk Wolbachia.  Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada akan memanfaatkan nyamuk aedes aegypti yang sudah mengandung bakteri wolbachia untuk menangani penyakit demam berdarah dengue.

Wolbachia adalah sejenis bakteri yang ada pada sel tubuh serangga dan ditemukan di beberapa serangga seperti ngengat, lalat buah, kumbang hingga nyamuk. Namun, bakteri tersebut tidak ada pada nyamuk aedes aegypti sebagai vektor yang menularkan virus dengue.

Bakteri wolbachia diketahui dapat menekan replikasi virus dengue karena bakteri tersebut mampu berkompetisi dengan virus saat merebut makanan di sel tubuh nyamuk. Bakteri juga diketahui tidak bisa ditularkan ke manusia oleh nyamuk. Penanganan demam berdarah dengue di Kabupaten Bantul dilakukan dengan melepas nyamuk aedes aegypti dewasa yang sudah mengandung bakteri wolbachia. 

Kalurahan Sitimulyo merupakan salah satu kalurahan yang menernak nyamuk wolbachia. Penyemaian nyamuk yg mengandung wolbachia dilakukan hari Senin, tanggal 04 April 2022, dilakukan di beberapa padukuhan.

Komentar atas WOW MANTUL 2022 DI KALURAHAN SITIMULYO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License