Profil Masyarakat Desa Sitimulyo

Administrator 08 Agustus 2016 13:40:50 WIB

Jumlah penduduk Desa Sitimulyo sebanyak 15.930 jiwa (pada tahun 2015) dengan sebaran penduduk yang cenderung merata kecuali di daerah-daerah pegunungan. Penduduk cenderung bermukim secara berkelompok di wilayah yang memiliki permukaan rata dan lebih tinggi, selanjutnya wilayah ini disebut sebagai Dusun. Hal tersebut terjadi karena tanah yang berada di bawah dan rata dapat digunakan sebagai lahan pertanian. 

Kondisi sosial masyarakat Desa Sitimulyo mayoritas merupakan usia porduktif (usia 18 hingga 49) tahun dengan tingkat dan latar pendidikan yang bermacam-macam sehingga tingkat kesejahteraan dan taraf hidup yang variatif. Akan tetapi dengan kedekatan emosional yang ada di lingkungan masyarakat Desa Sitimulyo sangat erat karena kecenderungan tempat tinggal warga yang berdekatan di wilayah pedesaan. Bentuk kedekatan emosional ini dapat terlihat dari adanya beberapa kegiatan rutin yang dihadiri oleh hampir seluruh warga di masing-masing dusun seperti gotong royong mingguan, pertemuan rutin RT, pertemuan rutin dusun, pertemuan ibu-ibu, menjenguk tetangga yang sedang sakit, pertemuan yang bersifat kerohanian, sripahan, dan lain sebagainya. 

Selain itu, masyarakat Desa Sitimulyo juga memiliki aneka ragam kebudayaan yang masih dilestarikan hingga saat ini. Jenis kesenian yang saat ini masih rutin dilakukan antara lain Seni Ketroprak, pendalangan, tari, sholawat, Qosidah, Hadroh, Gamelan, Campursari, seni musik dan beberapa kesenian yang lain. Sedangkan untuk kegiatan kebudayaan, Desa Sitimulyo memiliki agenda Upacara Merti Dusun, Kenduri, dan Kirab Jodang.

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License