Profil Dusun Nglengis

Administrator 15 September 2016 18:26:09 WIB

Letak Geografis

Dusun Nglengis terletak di Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, DI. Yogyakarta. Dusun memiliki luas wilayah ± 49.137 Ha dan batas wilayah sebelah utara dengan Dusun Babadan, sebelah barat dengan Dusun Madugondo, sebelah selatan dengan Dusun Karang Gayam dan sebelah utara dengan Dusun Karang Ploso, Mojosari, Karang Tengah serta Karang Anom.

Kondisi Ekonomi

Dusun Nglengis terdiri dari 206 Kepala keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 691 orang yang tersebar di lima Rukun Tetangga (RT) mulai dari RT 01 hingga RT 05. Mayoritas penduduk Dusun Nglengis berusia produktif.

Sebagian besar warga Dusun Nglengis bekerja sebagai wirausaha atau pedagang. Sebagian yang lain ada yang berprofesi sebagai PNS, TNI/Polri, pekerja di bidang kesehatan, petani, buruh, dll. Dari segi ekonomi dapat terlihat bahwa kondisi ekonomi secara umum merata.

Budaya dan Agama

Kondisi masyarakat di Dusun Nglengis termasuk kategori masyarakat yang pedesaan yang memiliki hubungan baik antar masyarakat. Hal ini dapat terlihat dengan adanya kerja bakti yang rutin dilaksanakan masyarakat, kumpulan, ronda, menjenguk tetangga yang sakit, dll.

Selain itu, masyarakat Dusun Nglengis juga termasuk ke dalam masyarakat religius karena masyarakat Dusun Nglengis memiliki kegiatan keagamaan yang cukup banyak diantaranya pengajian rutin ibu-ibu tiap hari Rabu dan Jumat, pengajian bapak-bapak setiap sabtu malam, dan kegiatan keagamaan lain. Walaupun beberapa masyarakat Dusun Nglengis tidak menganut agama Islam, akan tetapi masyarakat saling menghargai terhadap kepercayaan masing-masing.

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License