WiFi Gratis untuk Warga Sitimulyo

Administrator 17 Januari 2021 15:36:30 WIB

Kini masyarakat Sitimulyo, terutama pelajar dan mahasiswa, dapat semakin dimudahkan dengan adanya fasilitas WiFi gratis dari Pemerintah Desa Sitimulyo. Pengadaan WiFi yang mengambil anggaran Dana Desa ini sudah diadakan sejak pertangahan tahun 2020. Adapun tujuan utama diberikannya fasilitas WiFi ini untuk membantu warga khususnya pelajar yang kesulitan jaringan atau biaya dalam pembelajaran online.

Untuk sementara, fasilitas WiFi ini baru ada di 4 titik dusun di Sitimulyo. Masing-masing kring di Sitimulyo terdapat satu fasilitas WiFi, yakni di madrasah Dusun Madugondo, lapangan Padangan, Masjid Al-Istigfar Banyakan I, dan madrasah di Dusun Mojosari. Meski begitu, seluruh masyarakat Sitimulyo dapat menggunakan fasilitas WiFi gratis ini. Untuk masyarakat dari luar empat dusun tersebut, dapat bertanya pada masing-masing pengelola terkait password WiFi.

Kebijakan yang diambil dari pengelola masing-masing dusun terkait WiFi ini pun berbeda-beda. Ada yang menyalakan WiFi selama 24 jam, seperti Dusun Padangan dan Madugondo, ada juga yang membatasi waktu penggunaan WiFi, seperti di Dusun Banyakan I yang dibatasi mulai jam 8 pagi hingga 4 sore, dan di Dusun Mojosari mulai jam 6 pagi hingga 9 malam.

Meski bertujuan untuk membantu pelajar dalam belajar online, namun rupanya sebagian masyarakat terutama anak-anak justru memanfaatkan fasilitas ini untuk keperluan yang tidak semestinya, seperti bermain game, dan sebagainya.

“Menurut saya ada efektifnya dan ada enggaknya. Kalau efektifnya itu emang membantu banget bagi anak-anak yang emang terbatas banget kuota internet, sedangkan tugas sekolah harus serba online semua. Tapi kadang juga ada yang menyelewengkan dipakai game misalnya. Tapi udah dikasih jam batasan (kalau di sini). WiFi aktif pada jam belajar aja dari 8 pagi sampai 4 sore, jadi anak-anak hanya bisa akses jam segitu,” tutur Maya, salah satu warga Banyakan I.

 

Reporter : Eki Arum Khasanah

Komentar atas WiFi Gratis untuk Warga Sitimulyo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License