Masuk Tiga Besar, Karang Taruna Sitimulyo Didatangi Juri Bantul

22 Maret 2020 00:00:58 WIB

Dalam rangka visitasi penilaian lomba karang taruna berprestasi Kabupaten Bantul tahun 2020, Jumat (13/3) Karangtaruna Sitimulyo menerima kunjungan dari tim juri yang beberapa diantaranya adalah anggota Dinas Sosial Kabupaten Bantul. Kunjungan ini dilaksanakan di Balai Desa Sitimulyo yang dihadiri berbagai elemen masyarakat antara lain Kepala Desa Sitimulyo, Kepala Dukuh, tokoh masyarakat dan pengurus Karang Taruna Bantul.

Kunjungan di Pendopo Balai Desa Sitimulyo ini diawali sambutan Kepala Desa Sitimulyo, sambutan perwakilan dinas sosial, pemaparan dan perkenalan oleh ketua Karang Taruna Sitimulyo, hiburan berupa tari Sekar Pujiastuti dan jamuan makanan. Setelah itu dilanjutkan keliling guna melihat secara langsung apa saja kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Karang Taruna Sitimulyo sebagai keunggulan dan inovasinya.

“Kegiatan ini tidak semata mata hanya mencari juara, tetapi dalam rangka pembinaan dan penghargaan terhadap nilai-nilai sosial di karang taruna ini. Dari seleksi tujuh belas Karangtaruna di Bantul, disimpulkan tiga terbaik salah satunya adalah Taruna Bhakti Sitimulyo.” Ujar Safrudin Ansori selaku kasi pemberdayaan sosial perorangan dan keluarga dalam sambutannya.

Adapun tahapan seleksi karangtaruna berprestasi tingkat Kabupaten Bantul ini yaitu tahapan administrasi oleh dinas sosial Bantul pada (4/3). Dari seluruh perwakilan kecamatan peserta yg hadir berjumlah tujuh belas. Kemudian seleksi itu menghasilakn 3 terbaik, salah satunya adalah Karang Taruna Sitimulyo.

Safrudin mengatakan bahwa ada 5 aspek yang dilihat dalam penilaian ini. “Aspek yang dinilai dalam lomba ini, pertama adalah UKS (Usaha Kesejahteraan Sosial) merupakan kegiatan sosial Karang Taruna berupa penanganan atau pencegahan, yang kedua adalah kelembagaan organisasi (administrasi) dengan melihat langsung kelengkapan kesekretariatan karang taruna , ketiga adalah UEP (usaha ekonomi produktif) bertujuan untuk menopang kegiatan, keempat adalah ROK (keolahragaan), dan yang kelima dan paling penting adalah Inovasi atau keunggulan apa yang dimiliki di desa” ujarnya.

Sebagai Kepala Desa Sitimulyo, dalam sambutannya Juweni berharap bahwa dalam lomba Karang Taruna Berprestasi ini Karang Taruna Sitimulyo bisa terpilih untuk mewakili Bantul kalau perlu provinsi DIY.

 

Reporter : Reni Safitri

(sumber : karangtarunasitimulyo.com)

Komentar atas Masuk Tiga Besar, Karang Taruna Sitimulyo Didatangi Juri Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License