Peningkatan Kapasitas Sitimulyo dengan Studi Tiru di Malang  

09 Desember 2019 16:40:46 WIB

Dalam rangka Peningkatan Kapasitas Desa Sitimulyo, Pemerintah Desa Sitimulyo mengadakan kunjungan ke beberapa tempat di Malang, Jawa Timur, seperti Gunung Bromo, Wisata Petik Apel Mandiri, Bumi Perkemahan Coban Rondo, dan lain-lain. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 6-9 Desember 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Pemerintah Desa Sitimulyo, peresmian APBDes, dan juga studi tiru terhadap wisata di sana.

"Tujuannya adalah adanya peningkatan kapasitas pemerintah desa terutama pada tataran tugas pokok dan fungsi pemerintah Desa, juga sekaligus pengesahan APBDes 2020, dan studi tiru di bumi perkemahan. Karena tahun 2020 desa akan memulai membuat bumi perkemahan," ujar Amiruddin Safa selaku carik desa sekaligus ketua panitia pelaksana kegiatan ini.

Agenda pertama dalam kegiatan ini adalah kunjungan ke wisata alam Gunung Bromo pada Jumat (6/12) dini hari hingga Sabtu (7/12) siang hari menggunakan mobil jeep. Lalu dilanjutkan dengan kunjungan di Wisata Petik Apel Mandiri pada sore harinya.

Pada Minggu (9/12) pagi dilakukan rapat penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2020. Dalam rapat ini dihadiri seluruh peserta baik dari Pemerintah Desa Stimulyo, Badan Permusyawaratan Desa, sejumlah perwakilan dari pihak Kecamatan Piyungan, tokoh-tokoh di Sitimulyo, dan seluruh perwakilan LKD Sitimulyo seperti Karang Taruna, PKK, dan LPMD.

Kunjungan ke Bumi Perkemahan Coban Rondo untuk melakukan studi tiru pun dilakukan pada siang harinya usai peresmian APBDes 2020. Bumi Perkemahan Coban Rondo sendiri merupakan salah satu bumi perkemahan ternama di Malang. Lokasi ini berdekatan dengan destinasi wisata populer di Kota Batu, Malang, seperti Labirin Coban Rondo dan juga Air Terjun Coban Rondo. Bahkan untuk Labirin Coban Rondo sendiri sudah bisa menghasilkan pendapatan Rp 1 Miliar setiap tahunnya dengan penjualan tiket Rp 10 ribu per orang.

 

Reporter : Eki Arum Khasanah

Komentar atas Peningkatan Kapasitas Sitimulyo dengan Studi Tiru di Malang  

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License