Antimainstream, KT Sitimulyo Gelar Lomba Cerpen dan Pemilihan Duta Literasi

09 September 2019 12:16:36 WIB

Jika umumnya HUT RI diperingati dengan berbagai lomba fisik, maka berbeda dengan Karang Taruna Sitimulyo (Taruna Bhakti Sitimulyo) bekerjasama dengan mahasiswa KKN UNY prodi Sastra Indonesia tahun 2019 yang mengadakan Lomba Menulis dan Membaca Cerpen. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis para pelajar tingkat SMP hingga SMA di Sitimulyo sekaligus melatih mental dan kemampuan peserta lomba.

Lomba menulis cerpen diadakan secara online. Para peserta mengirimkan naskahnya melalui email dan diseleksi oleh tim juri. Adapun tim juri lomba cerpen berasal dari mahasiswa KKN UNY. Dari belasan karya yang masuk, dipilihlah lima finalis yang memiliki cerpen terbaik. Lima finalis ini kemudian maju untuk melakukan pembacaan cerpen pada Malam Puncak Lomba Menulis dan Membaca Cerpen, Selasa (20/8) di Pendopo Balai Desa Sitimulyo.

Dari lima finalis, akhirnya terpilihlah juara satu hingga harapan dua. Juara pertama diraih oleh Nafi’atush Sholihah (Cepokojajar), juara dua diraih Kuviha Vidhekni (Kuden), juara tiga diraih Alifa Cahya (Cepokojajar), juara harapan satu diraih Yushini Afifah (Pagergunung 1), dan juara harapan dua diraih Iis Aryanti (Karanganom). Lima juara ini kemudian dinobatkan sebagai Duta Literasi Sitimulyo oleh pemerintah desa yang diwakilkan oleh Carik Desa Sitimulyo, Amiruddin Safa.

Setelah berakhirnya acara ini, para Duta Literasi Sitimulyo akan dibimbing oleh anggota Karang Taruna Sitimulyo untuk menciptakan program-program yang dapat meningkatkan literasi masyarakat, khususnya di Desa Sitimulyo.

 

Komentar atas Antimainstream, KT Sitimulyo Gelar Lomba Cerpen dan Pemilihan Duta Literasi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License